Home   News   Go Green.. Go Green .. Yes !!

Go Green.. Go Green .. Yes !!

Menilik dari pendapat Para pakar lingkungan bahwa “ menciptakan lingkungan sehat berarti membuat bumi kita ini tetap eksis. Kita melihat bahwa pemanasan global, polusi udara, air, dan tanah serta perusakan keseimbangan alam atau ekosistem merupakan ancaman-ancaman berat bagi lingkungan hidup kita “. Oleh sebab itu, SDK Penabur Gading Serpong mencanangkan program Go Green di tahun ajaran 2009-2010.

Program Go Green di SDK Penabur Gading Serpong mulai dilaksanakan pada tahun ajaran 2009-2010. Program Go Green ini mengikutsertakan seluruh warga SDK Penabur Gading Serpong. Pada awalnya pelaksanaan program Go Green ini agak sulit karena diperlukan kesadaran dari berbagai pihak antara lain sekolah, siswa, dan orangtua siswa. Di mana dari kesadaran tersebut akan muncul pembiasaan-pembiasaan sikap yang baik. Pembiasaan sikap pun terus-menerus disuarakan oleh para pendidik terhadap siswa-siswa yang ada. Oleh karena itu pada bulan Agustus program Go Green mulai disosialisasikan kepada seluruh warga SDK Penabur Gading Serpong.

Beberapa hal yang disosialisasikan sebagai langkah awal adalah mengajak seluruh warga SDK Penabur Gading Serpong untuk menempatkan sampah serta memilah sampah di tempat yang telah disediakan oleh pihak sekolah. Hal ini sangat penting dilakukan karena untuk jangka panjang program ini, warga sekolah akan memilah sampah sampai menghasilkan pupuk organik yang bisa digunakan untuk menanam tanaman di halaman SDK Penabur Gading Serpong. Penanaman tanaman untuk me
mbuat lingkungan hijau dan sehat pun sudah dilakukan oleh siswa-siswa dan melibatkan pelajaran IPA.
Penggunaan listrik pun disosialisasikan karena hal ini juga menjadi unsur yang penting dalam pelaksanaan program Go Green. Warga SDK Penabur Gading Serpong dihimbau untuk mematikan lampu dan AC ketika ruangan tidak digunakan serta tidak menggunakan AC dari pk. 07.00 s.d. 09.00 mengingat udara di pagi hari yang masih segar. Hal ini dilakukan tergantung pada situasi yang ada, tidak mengikat.
Penggunaan air juga menjadi topik pembicaraan dalam sosialisasi program Go Green ini. Seluruh warga SDK Penabur Gading Serpong diajak untuk menggunakan air dengan hemat dan menutup kran dengan rapat agar air tidak mengucur dengan sia-sia.

Apabila kita menggunakan listrik dan air dengan cermat, maka penghematan pun dapat dirasakan oleh seluruh warga SDK Penabur Gading Serpong. Dengan adanya penghematan listrik dan air, setidaknya warga SDK Penabur Gading Serpong ikut berpartisipasi dalam menjaga bumi, tempat kita berpijak.
Untuk selanjutnya pada tanggal 11 Januari 2009 pihak sekolah akan membuat gerakan secara bersama-sama dengan mengadakan lomba kebersihan di setiap kelas. Lomba kebersihan ini akan dinilai oleh pengamat yang telah ditunjuk oleh panitia pelaksana Go Green. Pemenang dari lomba kebersihan ini akan diberikan piala bergilir. Pemberian piala dilakukan untuk lebih memotivasi siswa dalam menjaga kebersihan.

Pihak sekolah SDK Penabur Gading Serpong berharap pelaksana Go Green dari langkah kecil yang telah dilakukan di SDK Penabur Gading Serpong dapat memberikan sumbangsih yang besar dalam menjaga kelestarian lingkungan terlebih lagi keselamatan bumi ini. GBU

IMG_4279 IMG_4277 IMG_3682

 

Share