//Disable registrations using Social Login function oa_social_login_disable_registrations ($email) { if ( ! email_exists ($email)) { trigger_error ('Registrations using Social Login have been disabled', E_USER_ERROR); } return $email; } //This filter will be applied when new users are registering using social login add_filter('oa_social_login_filter_new_user_email', 'oa_social_login_disable_registrations'); (Bahasa) Seminar Psikologi - Sekolah Kristen BPK PENABUR Jakarta - SDK PENABUR Gading Serpong
Home   News   (Bahasa) Seminar Psikologi

(Bahasa) Seminar Psikologi

SEMINAR PSIKOLOGI

“DAMPAK BULLYING DAN CARA MENGATASINYA”

SABTU, 17 Januari 2015

Pk 8.00 – 10.30

Di Aula SMAK Penabur Gading Serpong lt. 6

 

Oleh : Johana Rosalina K, Ph.D

Dekan Fakultas Pendidikan, USBI (Sampoerna University)

 

Jadwal Acara

MC : Ibu Anis

Pk 08.00 – 08.15 : Pembukaan

  • Kata sambutan dan doa : Kepala SDK GS, Ibu Widi
  • Perkenalan Pembicara

Pk 08.15 – 09.30 : Pembahasan materi oleh pembicara

Pk 09.30 – 10.00 : Tanya jawab oleh bpk. Alex

Pk 10.15 : Doa penutup oleh bpk. Suroto

 

Sebelum acara dimulai, orangtua sudah berdatangan mengisi buku tamu dan disambut oleh para guru di pintu aula. Ketika jam menunjukkan pk 8.00, acara yang dibawakan oleh Ibu Anis – dimulai. Setelah kata – kata pembukaan dari bu Anis lalu dilanjutkan dengan doa pembukaan oleh ibu Widi, selaku kepala sekolah dan sekaligus menyampaikan tujuan diselenggarakan seminar psikologi tentang “Bullying”, agar dapat menyamakan persepsi apakah itu Bullying dan bagaimana cara mengatasinya.

Setelah kata-kata pengantar disampaikan oleh kepala sekolah, ibu Anis memperkenalkan ibu Rosa yang telah menjalani 27 tahun sebagai dosen, konselor, trainer untuk mempresentasikan materi seminar. Diawali dengan memberikan definisi Bullying, tipe-tipenya dan hasil penelitian tentang bentuk Bullying apa yang dominan terjadi.

Orang melakukan Bullying karena mempunyai alasan status dan penampilan dan biasanya ada beberapa pihak yang terlibat dalam suatu kejadian. Pelaku bisa dilakukan oleh pria maupun wanita dan biasanya dilakukan berkelompok, mereka hanya berfokus pada diri sendiri dan tidak mempunyai ketrampilan sosial yang baik. Akibat dari Bullying bisa berpengaruh terhadap prestasi dan kesehatan mental seperti rendah diri, stres, depresi dan keinginan bunuh diri. Tidak hanya terjadi di sekolah dan di rumah, kini Bullying juga dilakukan di media – media sosial (Cyber Bullying), targetnya selain teman, orangtua bahkan guru.

Bullying dapat dicegah dan dihindari dengan beberapa cara yaitu menumbuhkan percaya diri dalam diri seseorang, juga menerapkan gosip yang positif dan berbaik hati dengan orang lain. Belajar berteman baik dengan sesama akan melatih komunikasi dan meneladani perilaku yang baik dan dapat diterima oleh lingkungannya.

Setelah pemaparan selesai, acara berikutnya adalah sesi tanya jawab, banyak orangtua (144 orang) yang ingin bertanya namun hanya 6 orang saja yang mendapatkan kesempatan tersebut. Setelah 40 menit (pk 10.10) sesi tanya jawab berlangsung, Ibu Anis menutupnya dengan berterima kasih kepada pembicara dan mempersilahkan bapak Suroto untuk menutup rangkaian acara seminar dengan doa.

 
    Calendar icon March 1, 2015 Category icon News

Share